Wafiroh, Arina Zainatul and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Make – A Match Dan Course Review Horay Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi (Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al – Hidayah Genengadal, Toroh Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskha Publikasi)
9._naskah_publikasi.pdf Download (703kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._daftar_pustaka.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) pengaruh antara penggunaan strategi pembelajaran Make - A match dan strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran Make - A match dengan strategi pembelajaran Course Review Horay ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al – Hidayah Genengadal tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan kedua kelas sampel tersebut menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelian ini yaitu metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran Make - A match dan strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA>Ftabel yaitu FA= 4,7922> 3,997. (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB>Ftabel yaitu FB= 6,7629> 3,147. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran Make - A match dengan strategi pembelajaran Course Review Horay ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB>Ftabel yaitu FAB= 1,4088> 3,147.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi; Make - A match; Course Review Horay; prestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 10:44 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29436 |
Actions (login required)
View Item |