Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di SMP Negeri 2 Miri Sragen

, Supadi and , Dr. Sumardi, M.Si and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di SMP Negeri 2 Miri Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (456kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bba II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. 1) Mendeskripisikan pengembangan pembelajaran matematika berbasis karakter di SMP Negeri 2 Miri Sragen, 2) Mendeskripsikan pembelajaran matematika berbasis karakter dalam meningkatkan sikap siswa di SMP Negeri 2 Miri Sragen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian fenomenologis. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Miri Sragen. Informan penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 2 Miri Sragen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, metode dan data. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis karakter di SMP adalah penyediaan dukungan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari tahun ke tahun berupa alat peraga; pembentukan karakter anak yang lebih aktif melalui persiapan perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu RPP, silabus dan materi; pemberdayaan faktor SDM sekolah yang mampu menguasai lapangan sesuai RPP, kemampuan guru dalam mempersiapkan diri agar melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan, kemampuan guru menyelesaikan masalah melalui kegiatan MGMP, kemampuan guru menentukan KKM melalui perhitungan kompleksitas, inteks siswa dan fasilitas; melakukan penyesuaian penentuan KKM yang selalu meningkat, peningkatan kemampuan model pembelajaran matematika, kegiatan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. 2) Pembelajaran mata pelajaran matematika berbasis karakter dalam meningkatkan sikap siswa di SMP adalah menciptakan suasana pembelajaran matematika agar tidak menjadi momok yang menakutkan bagi siswa; mengajak siswa bercanda agar pembelajaran matematika itu bisa menarik; mengajarkan anak untuk menyampaikan kesulitan secara jujur, bertanggung jawab mengerjakan PR; melakukan evaluasi untuk mengetahui kemajuan pembelajaran matematika dan perkembangan sikap siswa dalam pembelajaran matematika; meningkatkan kemampuan guru mengendalikan kendala siswa yang ramai, ngobrol dengan teman di kelas, gangguan suara kendaraan yang lewat dan bau yang menyengat di sekitar sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; pembelajaran; karakter; matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 08:41
Last Modified: 20 Oct 2021 02:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29425

Actions (login required)

View Item View Item