Khalidy, Shodiq and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Boarding School di SMP Putra Harapan Purwokerto. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dekadensi moral pelajar di Indonesia diantaranya: tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dan bullyingsudah diambang batas kewajaran. Penyebabnya adalah kurang kasih sayang orang tua, lingkungan yang tidak kondusif dan pendidikan karakter yang terabaikan. Solusi permasalahan ini adalah lembaga pendidikan yang ada harus mengupayakan semaksimal mungkin dalam pengelolaan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dalam sebuah lembaga pendidikan harus terintegrasikan dalam mata pelajaran dengan menyusun rpp yang sinergis dan mengaplikasikannya secara langsung di boarding school. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan nilai karakter yang diupayakan oleh SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto, mengintegrasikan pendidikan karakter di lingkungan sekolah dan mendiskripsikan peran orangtua dalam proses pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi lalu menarik kesimpulan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini terungkap bahwa nilai karakter telah diintegrasikan dalam kurikulum pada mata pelajaran. Artinya para siswa telah mendapatkan teori karakter yang terkandung dalam mata pelajaran para siswa. Siswa tidak hanya mendapatkan aspek kognitif saja, namun juga aspek afektif dan psikomotorik. Usai sekolah para siswa mampu mengintegrasikan dan mengaplikasikan nilai karakter secara langsung dalam lingkungan boarding school diasuh oleh seorang ustadz. Peran orangtua terbukti membantu proses pendidikan karakter dengan kerjasama sinergis antara pihak sekolah dan orangtua.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; pendidikan karakter; boarding school |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 08:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29422 |
Actions (login required)
View Item |