Purwaningsih, Enny and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Pengelolaan Sarana Pembelajaran (Studi Situs pada SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikais)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (303kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) perencanaan sarana pembelajaran; 2) pemanfaatan sarana pembelajaran; dan 3) pemeliharaan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta dalam menunjang proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain yang digunakan adalah etnografi. Objek penelitian adalah pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rancangan situs tunggal. Pemilihan rancangan analisis untuk penelitian dengan pendekatan kualitatif didasarkan pada tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi, key informant review dan member check. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik perencanaan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta diawali dengan perencanaan yang dilakukan dengan penyusunan proposal permohonan bantuan dana yang diajukan kepada Dikdasmen Depdiknas, APBD Provinsi, dan APBD Kota. Pengembangan sarana prasarana dilakukan dengan penetapan 15 program pengadaan sarana prasarana sebagai pelengkap fasilitas pembelajaran sekolah. Pembiayaan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan melalui penganggaran program atau rencana stratejik bidang sarana prasarana. Biaya dialokasikan dari bantuan orang tua siswa dan dana bantuan block grant dari pemerintah; 2) Pemanfaatan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta sudah dilaksanakan secara optimal. Pemanfaatan sarana pembelajaran dilakukan sebagai sarana eksplorasi kompetensi siswa, yaitu sebagai sarana penuangan kreativitas dan inovasi siswa. Strategi pengendalian pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan oleh guru yang ditugaskan secara khusus untuk mengelola sarana dan prasarana pendidikan.; dan 3) Pemeliharaan sarana pembelajaran berupa laboratorium multimedia dilakukan dengan bekerjasama dengan supllier komputer melalui sistem kontrak. Hal ini didasari pertimbangan efektivitas dan agar guru bisa fokus mengajar dan alat selalu siap digunakan karena selalu terpelihara dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, sarana pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 07:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29408 |
Actions (login required)
View Item |