Analisis Manajemen Isu Partai Politik (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Isu Tim Pemenangan YURO dalam Pilkada Karanganyar Periode 2013-2018)

Aryani, Laila and , Dian Purworini, S. Sos. MM (2014) Analisis Manajemen Isu Partai Politik (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Isu Tim Pemenangan YURO dalam Pilkada Karanganyar Periode 2013-2018). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (852kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (971kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lmapiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Isu bisa terjadi dimanapun bahkan isu dapat terjadi dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah. Isu tersebut menyebar di masyarakat berupa black campaign atau kampanye hitam. Black campaign bertujuan untuk menjatuhkan lawan dengan cara menjelek-jelekkan sehingga terlihat buruk di benak masyarakat. Seperti yang terjadi dalam Pilkada Karanganyar periode 2013-2018, salah satu pasangan Cabup-Cawabup menjadi sasaran isu yaitu pasangan YURO (Juliyatmono-Rohadi). Isu yang menyerang pasangan ini berupa spanduk, tersebarnya informasi larangan Yasinan dan Tahlillan apabila YURO terpilih, dan juga isu dalam selebaran black campaign yang berisi dua potong pemberitaan yang menuding pasangan YURO telah melakukan penggelapan dana atau korupsi. Penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen isu yang dilakukan oleh tim pemenangan YURO saat Pilkada Karanganyar 2013-2018. Dalam peneliitan ini peneliti menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen dalam mengumpulkan data. Untuk menentukan narasumber peneliti menggunakan teknik sampling snowball yaitu dengan menemukan seseorang yang mengetahui atau terlibat langsung dalam menangani isu tersebut yaitu Pak Juliyatmono sebagai narasumber kunci, kemudian Pak Juliyatmono merekomendasikan orang lain untuk menjadi narasumber. Dalam penelitian ini peneliti mewawancari empat narasumber yaitu Pak Juliyatmono, Pak Rohadi, Pak syamsul, dan Pak Muchlisin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim pemenangan pasangan YURO melakukan manajemen isu melalui lima tahap yaitu mengidentifikasi isu, menganalisis isu, menentukan strategi perubahan isu, pemrograman aksi isu, dan melakukan evaluasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen isu, isu, black campaign, Pilkada
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jun 2014 07:41
Last Modified: 18 Oct 2021 07:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29399

Actions (login required)

View Item View Item