Halimah, Nur and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Siswa Kelompok A TK Islam Mardi Siwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
00_HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kreativitas anak adalah segala proses yang dilalui anak dalam rangka melakukan, mempelajari, menemukan sesuatu yang baru yang berguna bagi kehidupan dirinya dan orang lain. Observasi awal menunjukan bahwa kreatvitas anak pada siswa kelompok A TK Islam Mardi Siwi masih sangat rendah yaitu 31,24 % pada pra siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak pada siswa Kelompok A TK Islam Mardi Siwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Alat Permainan Edukatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok A TK Islam Mardi Siwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah kreativitas anak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, siklus I, dan Siklus II. Setiap siklus masing-masing dilakukan dalam dua pertemuan. Siklus I dan Siklus II memiliki unsur yang sama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari analisis data menunjukan melalui Alat Permainan Edukatif dari barang bekas telah berhasil mengembangkan kreativitas anak, yaitu 31,24% pada pra siklus, berkembang 61,59% pada siklus I, dan mencapai hasil optimal dengan 80.05% pada siklus II. Melihat hasil yang diperoleh pada siklus ke II penelitian ini dapat dinyatakan dapat mencapai target yang diharapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas anak, alat permainan edukatif, barang bekas. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 11 Jun 2014 12:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 10:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29395 |
Actions (login required)
View Item |