Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Setyaningsih, Rina and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (743kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karangayar Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, melalui empat kegiatan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 dari prasiklus memperoleh prosentase 29%, siklus 1 pertemuan pertama 33%, siklus 1 pertemuan kedua 48%, siklus II pertemuan pertama 61% dan siklus II pertemuan kedua 82%. Kesimpulan bahwa melalui permainan kereta bernomor di TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karanganyar sudah dapat berkembang sesuai yang diharapkan. Dalam siklus II yaitu mendapat prosentase 82% sedangkan target yang ditentukan 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, permainan kereta bernomor.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 12:06
Last Modified: 19 Oct 2021 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item