Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Studi Kasus Pada Universitas Sebelas Maret Surakarta)

WITAMA, ADITYA FAJAR and , Dr. Noer Sasongko, SE., M.Si, Ak. (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Studi Kasus Pada Universitas Sebelas Maret Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (122kB)

Abstract

Pemilihan karir bagi mahasiswa akuntansi adalah tahap awal dari pembentuk karir. Setelah berhasil menyelesaikan kuliahnya, pilihan karir bagi lulusan akuntansi tidak tertutup pada profesi akuntan publik saja, banyak pilihan profesi yang dapat dijalani oleh mereka tergantung faktor-faktor yang melatar belakanginya. Banyak realitas yang terjadi di dunia kerja yang mengharuskan lulusan akuntansi dalam mempertimbangkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intrinsik profesi, gaji, pertimbangan pasar kerja, dan kepribadian terhadap pemilihan karir menjadi akuntan publik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei yang menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNS yang diambil dengan teknik convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik dianalisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji multikolinieritas, dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai intrinsik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap probabilitas pemilihan karir akuntan publik pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Ada beberapa hal yang dapat memberikan kepuasan secara langsung saat melakukan pekerjaan sebagai akuntan publik. Hal ini dipertimbangkan mahasiswa dalam pemilihan karir akuntan publik; (2) Gaji berpengaruh signifikan terhadap probabilitas pemilihan karir akuntan publik pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Faktor gaji dipertimbangkan mahasiswa dalam pemilihan karir akuntan publik; (3) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan terhadap probabilitas pemilihan karir akuntan publik pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H3 diterima. Profesi akuntan publik yang menawarkan kesempatan yang luas untuk berkembang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik; (4) Kepribadian berpengaruh signifikan terhadap probabilitas pemilihan karir akuntan publik pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H4 diterima. Setiap mahasiswa mempunyai kepribadian atau karakter yang berbeda-beda yang akan dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih karirnya yang sesuai dengan kepribadiannya tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemilihan karir menjadi akuntan publik, intrinsik profesi, gaji, pertimbangan pasar kerja, kepribadian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 15:01
Last Modified: 15 Oct 2021 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item