Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pergantian Kantor Akuntan Publik ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)

SAPUTRI, VITA WAHYU and , Dr Fatchan Achyani, M.Si (2014) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pergantian Kantor Akuntan Publik ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
artikel_publikasi.pdf

Download (758kB)

Abstract

Lamanya hubungan Kantor Akuntan Publik(KAP) dengan klien dapat dimungkinkan mempengaruhi sikap Independensi akuntan publik dalam memberikan opini terhadap klien. Untuk menghindari hal tersebut pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 17/PMK.01/2008 mengatur tentang pembatasan jangka waktu perikatan auditor dan klien. Terjadinya pergantian KAP sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan pemerintah (mandatory) tidak akan menjadi masalah namun jika pergantian KAP terjadi diluar peraturan pemerintah (voluntary) akan menimbulkan pertanyaan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan hal ini dapat terjadi. Dalam penelitian ini peneliti fokus pada pihak perusahaan (klien) dalam melakukan pergantian KAP. Beberapa penelitian terdahulu mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pergantian KAP menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Peneliti mencoba kembali untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pergantian KAP. Faktor-faktor yang diuji adalah Reputasi KAP, ukuran Perusahaan, financial distress, dan pergantian manajemen. Peneliti menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2004-2011. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 32 sampel perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel reputasi KAP yang berpengaruh terhadap pergantian KAP, sedangkan variabel ukuran perusahaan, financial distress, dan pergantian manajemen tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan pergantian KAP.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pergantian KAP, reputasi KAP, ukuran perusahaan, financial distress, pergantian manajemen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:36
Last Modified: 15 Oct 2021 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item