Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Syariah Di Indonesia

Astuti, Tri Puji and , Dr. Noer Sasongko, S.E., MS.i., Ak., (2014) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Syariah Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (580kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR) Pada Bank Syariah di Indonesia”. Islamic Social Reporting(ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggungjawab sosial suatu perusahaan yang indikatornya sesuai dengan prinsip - prinsip syariat Islam. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang operasionalnya berdasarkan Islam, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor apa yang mempengaruhi Bank Syariah dalam mengungkapkan Islamic Social Reporting (ISR). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan syariah yang menerbitkan laporan tahunan pada tahun 2007 – 2012 yang mempunyai laba positif, menyediakan informasi berkaitan dengan variabel yang digunakan dan mengungkapkan informasi tanggungjawab sosial perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda yang menggambarkan hubungan antara ukuran perusahaan (size), profitabilitas, dan leverage sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yaitu pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR). Karakteristik yang di uji dalam penelitian ini terdiri dari ukuran perusahaan (size), profitabilitas, dan leverage. Uji asumsi klasik dalam penelitian yaitu normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi menunjukkan tidak terjadi penyimpangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size) dan leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR), sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Social Reporting, Bank Syariah, Ukuran Perusahaan(size),Profitabilitas, Leverage
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 12:06
Last Modified: 18 Oct 2021 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item