Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan Yang Go Public Di Bei (Studi Pada Bank Umum Go Public Di Bei Tahun 2009-2012)

Fansuri, Syabit and , Zulfa Irawati, S.E., M.Si. (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan Yang Go Public Di Bei (Studi Pada Bank Umum Go Public Di Bei Tahun 2009-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PIBLIKASI.pdf

Download (830kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio(CAR), Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Pangsa Kredit terhadap Profitabilitas Perbankan (ROA) yang go public yang telah terdaftar di BEI mulai tahun 2009 sampai 2012. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bank umum go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2012. Jumlah sampel yang digunakan adalah 20 bank umum go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu perusahaan perbankan yang tergolong dalam bank umum go public dan maksimal pada awal tahun 2009 telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta bank yang telah mempublikasikan laporan keuangannya pada tahun 2009-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Sebelum menggunakan analisis regresi linier berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa CAR, NPL, BOPO, LDR, NIM, dan Pangsa kredit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perbankan pada bank umum go public dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) pada bank umum go public menunjukkan bahwa variabel CAR, NIM dan SQPangsa Kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas Bank, variabel SQNPL dan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas Bank sedangkan variabel LDR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas Bank yang go public di BEI tahun 2009 sampai 2012 . Nilai adjusted R2 dalam model regresi bank go public diperoleh sebesar 0,779. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independent yaitu CAR, NPL, BOPO, LDR, NIM, dan Pangsa Kredit terhadap variabel dependent Profitabilitas Perbankan (ROA) sebesar 77,9% sedangkan sisanya sebesar 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model skripsi ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CAR, NPL, BOPO, LDR, NIM, Pangsa Kredit
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:53
Last Modified: 17 Oct 2021 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item