Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Faramida, Noer and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono,.S.E (2014) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 dan guru yang bertindak melakukan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data kemampuan kognitif diperoleh melalui pedoman observasi. Data pembelajaran melalui metode pembelajaran eksperimen dengan kegiatan bermain menggabungkan warna dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara Deskriptif Komparatif dan Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen, yakni sebelum ada tindakan 33,02%, siklus I mencapai 53,64%, dan siklus II mencapai 82,57%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penerapan melalui metode pembelajaran eksperimen ini bisa maksimal karena kegiatan dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan yang menarik dan tidak monoton sehingga anak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Metode Pembelajaran Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:26
Last Modified: 19 Oct 2021 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29261

Actions (login required)

View Item View Item