Suryadi, Achmad (2009) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI INPUT RELATIONSHIP MERKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PERUSAHAAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
B100050382.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF
B100050382.pdf Download (2MB) |
|
Microsoft Word
B100050382.doc Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh implementasi input relationship marketing terhadap customer loyalty. Dalam penelitian ini digunakan model relationship marketing yang mencakup empat macam variabel independen yaitu variabel Understanding Customer Expectation (UCE), Building Service Partnership (BSP), Total Quality Management (TQM), Empowering Employees (EE). Dan variabel dependen pada penelitian ini adalah customer loyalty. Penelitian ini mengambil tempat di Perusahaan Batik Danar Hadi Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Perusahaan Batik Danar Hadi Surakarta. Sebanyak 100 orang diambil sebagai sampel dengan dengan menggunakan teknik Sampling non probability sampling yaitu purposive sampling. Kriteria sampel disini adalah responden yang pernah berhubungan atau telah menggunakan produk/ jasa dengan perusahaan Batik Danar Hadi Surakarta. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden, data sekunder yaitu penyalinan data yang ada pada Perusahaan Batik Danar Hadi Surakarta dan data lain khususnya model penelitian Effective relationship marketing dari Evans dan Laskin (1994) yang diaplikasi oleh Adi dan Purwanto, (2006). Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 21 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa keempat variabel independen (understanding customer expectation, building service partnership, total quality management, empowering employees) berpengaruh positif terhadap variabel dependen (customer loyalty). Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu perlunya mempertahankan memahami harapan-harapan pelanggan, pemberdayaan karyawan dan terus menerapkannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan lebih intensif untuk memberikan pelatihan-pelatihan dan pengembangan-pengembangan kepada karyawan, dan meningkatkan kerjasama dengan pelanggan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: input relationship marketing, customer loyalty. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 20 Jun 2009 04:03 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 19:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2924 |
Actions (login required)
View Item |