ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP CITRA KONSUMEN PADA PT. BATIK SERLYTHA AYU SOLO

ARDHIYANTO , DANUR (2009) ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP CITRA KONSUMEN PADA PT. BATIK SERLYTHA AYU SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040190.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
B100040190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini : Untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun bersama -sama dari variabel diferensiasi produk yang meliputi variabel disain, merek, harga dan kenyamanan terhadap citra konsumen dan untuk menganalisis pengaruh dari variabel diferensiasi produk yaitu gesain, merek, harga dan kenyamanan, yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap citra konsumen. Perumusan masalah penelitian ini : Apakah terdapat pengaruh secara parsial maupun bersama-sama dari variabel diferensiasi produk yang meliputi disain, merek, harga dan kenyamanan terhadap citra konsumen dan dari keempat variabel diferensiasi produk tersebut, variabel manakah yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap citra konsumen. Hipotesa penelitian ini : Variabel diferensiasi produk yaitu disain, merek, harga, dan kenyamanan berpengaruh secara parsial maupun bersama-sama terhadap citra konsumen pada PT. Batik Serlytha Ayu dan Variabel disain berpengaruh paling dominan terhadap citra konsumen pada PT. Batik Serlytha Ayu. Hasil pengolahan data dengan menggunaka n alat bantu SPSS diperoleh hasil estimasi regresi linear berganda yaitu diketahui bahwa disain, merek, dan kenyamanan menunjukkan pengaruh positif terhadap citra konsumen, sedangkan variabel harga diketahui mempunyai pengaruh yang negatif terhadap citra konsumen, artinnya setiap kenaikan harga akan mengurangi citra konsumen terhadap pembelian produk pada PT. Batik Serlytha Ayu. Selanjutnya berdasarkan nilai beta, maka variabel disain lebih dominan dari pada variabel merek, harga, dan kenyamanan, hal ini disebabkan karena konsumen dalam melakukan pembelian lebih cenderung pada selera yaitu pada pilihan corak maupun motif dari produk batik. Hasil analisis uji-t diketahui bahwa variabel disain, merek, harga dan kenyamanan berpengaruh secara signifikan terhadap Citra konsumen pada PT Batik Serlytha Ayu. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel variabel disain, merek, harga dan kenyamanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Citra konsumen pada PT Batik Serlytha Ayu. Uji koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa pemilihan variabel penelitian sudah tepat, karena nilai koefisien determinasi (R 2 ) cukup besar yaitu sebesar 0,713, yang menunjukkan bahwa sekitar 71,3% variabel Citra konsumen pada PT Batik Serlytha Ayu dapat dijelaskan oleh variabel disain, merek, harga dan kenyamanan. Sedangkan sisanya yaitu sekitar 28,7% djelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model yang diestimasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disain, Merek, Harga, Kenyamanan, Citra Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Jun 2009 01:37
Last Modified: 16 Nov 2010 19:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item