Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi PPKn Melalui Strategi Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) Pada Siswa Kelas V SDN Pati Lor 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Chumaidi Ana, Nur and , Drs. Suwarno, SH, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi PPKn Melalui Strategi Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) Pada Siswa Kelas V SDN Pati Lor 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran PPKnmelalui strategi active debate. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V dan guru SDN Pati Lor 02 pada tanggal 01 Oktober 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas V SDN Pati Lor 02 yang berjumlah 49 siswa dan obyeknya adalah kemampuan berkomunikasi siswa serta strategi active debate.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran PPKn adalah sebagai berikut:(1) menyajikan dengan bahasa sederhana tetapi benar sehingga mudah dimengerti khalayak; (2) menyajikan bahan secara sistematis; (3) menguasai bahan yang disajikan; (4) memberikan contoh-contoh sederhana tetapi penting yang berasal dari kehidupan sehari-hari; (5) menyesuaikan diri dengan khalayak secara serta merta dan cepat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa kelas V SDN Pati Lor 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi active debate. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berkomunikasi siswa rendah dengan presentase 35%. Pada siklus I terdapat kemampuan berkomunikasi siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berkomunikasi siswa 56% dan pada siklus II kemampuan berkomunikasi siswa sangat baik dengan presentase 88%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran active debate.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan,kemampuan berkomunikasi PPKn, strategi active debate.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 13:01
Last Modified: 14 Oct 2021 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29125

Actions (login required)

View Item View Item