Retnaningsih, Sri Budi and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Metodeword Square Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (514kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
puplikasi_ilmiah.pdf Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode word square pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Kalanglundo yang berjumlah 22 siswa.Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan metode word square dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil keterampilan berfikir kritis siswa pada pra siklus 40% kemudian hasil observasi siklus I menjadi 60%, hasil observasi siklus II menjadi 78%. Pemanfaatan metode word square juga di observasi dengan bantuan guru senior dengan hasil 76% pada siklus I, pada siklus II menjadi 87%, maka penelitian ini dirasa sudah berhasil untuk meningkatkan keretampilan berfikir kritis pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode word square.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode word square, keretampilan berfikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2014 16:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29103 |
Actions (login required)
View Item |