KUSSRINARYANTO, KUSSRINARYANTO and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2014) Korelasi Tahfidz Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Di SMP Pondok Pesantren Penghafal Al-Qur’an Daarul Qur’an Semester Gasal Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01._BAB_I.pdf Download (194kB) |
|
PDF (Bab II)
02._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
03._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
04._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab V)
05._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
07._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (757kB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang syarat dengan ajaran yang terkandung di dalamnya, karena al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat islam. Mempelajari al-Qur’an adalah suatu kewajiban yang harus ditekankan, karena selain dibaca, al-Qur’an hendaklah dihafalkan serta diamalkan. Dengan menghafal al-Qur’an maka keontektikan al-Qur’an selalu terjaga seperti yang di lakukan pada masa Nabi Muhammad saw. Berbicara mengenai al-Qur’an, tentu tidak lepas dengan bahasa al-Qur’an itu sendiri, yaitu bahasa Arab. Al-Qur’an dan bahasa Arab merupakan dua hal yang saling terikat. Bahasa Arab merupakan kunci pembuka bagi studi Islam dari sumber aslinya yaitu al-Qur’an. Di dunia pendidikan seperti sekarang ini, banyak sekali lembaga pendidikan yang memasukkan pelajaran tahfidz al-Qur’an dan bahasa Arab menjadi kurikulumnya. Pondok Pesantren Penghafal Al-Qur’an Daarul Qur’an Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar merupakan lembaga yang menerapkan kurikulum tersebut. Lembaga ini mempunyai misi dalam mencetak generasi penghafal al-Qur’an. Tidak hanya menghafal al-Qur’an saja akan tetapi disana santri juga diajarkan bahasa Arab dalam kesehariannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut, adakah korelasi tahfidz al-Qur’an dengan prestasi belajar bahasa Arab santri di SMP PPPA Daarul Qur’an Semester Gasal Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan tahfidz al-Qur’an dengan prestasi belajar bahasa Arab santri di SMP PPPA Daarul Qur’an semester gasal Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Temuan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan tentang pentingnya tahfidz al- Qur’an. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Metode penentuan subjek menggunakan populasi dan sempel, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri SMP PPPA Daarul Qur’an Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 136 santri. Sampel yang digunakan adalah 25% dari 136 santri, yaitu 40 santri. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tahfidz al-Qur’an dengan bahasa Arab santri di SMP PPPA Daarul Qur’an semester gasal Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi yang memperoleh�������>��� � yaitu 0,518 > 0,334 diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai koefisiensi bernilai positif (0,518), hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara tahfidz al-Qur’an dengan bahasa Arab bermakna positif. Artinya jika tahfidz al-Qur’an semakin meningkat, maka prestasi bahasa Arab santri semakin meningkat pula.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidz Qur’an, prestasi belajar, bahasa Arab |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2014 08:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29071 |
Actions (login required)
View Item |