Internalisasi Nilai- Nilai Akhlak Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Insan Cendekia Al- Mujtaba Sukoharjo

Arofah, Lia and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Internalisasi Nilai- Nilai Akhlak Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Insan Cendekia Al- Mujtaba Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (538kB)

Abstract

Allah SWT berfirman dalam al- Qur’an bahwasannya mempelajari fenomena alam maupun sosial harus diimbangi dengan beribadah kepada-Nya. Internalisasi nilai- nilai Islam pada mata pelajaran umum merupakan reaksi dari dikotomi ilmu pengetahuan. Sehingga dengan internalisasi tersebut akan melahirkan kemajuan IPTEK yang berbasis Islam, yaitu sebuah modernisasi ilmu pengetahuan yang tidak meninggalkan khazanah- khazanah keilmuan Islam. Kewajiban menginternalisasikan nilai Islam pada mata pelajaran umum merupakan konsekuensi yang logis dari tujuan pendidikan, yaitu terbentuknya manusia sempurna (insan kamil). Penulis merumuskan tiga permasalahan yaitu: a) bagaimanakah proses internalisasi nilai- nilai akhlak pada mata pelajaran Biologi?; b) nilai- nilai akhlak apa saja yang diinternalisasikan?; c) apakah faktor- faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam proses internalisasi? Bagaimanakah cara mengatasi hambatan- hambatan tersebut?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai- nilai akhlak pada mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Insan Cendekia al- Mujtaba Sukoharjo. Penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data- data yang relevan dengan judul penelitian. Hasil penelitian disajikan secara deskriptif kualitatif kemudian disimpulkan secara umum- khusus agar mudah dipahami. Internalisasi nilai- nilai akhlak pada mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Insan Cendekia al- Mujtaba memang tidak tertuang dalam silabus dan RPP, dikarenakan kurikulum harus mengacu pada standar yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional. Hal tersebut bukanlah halangan bagi guru Biologi untuk tetap menginternalisasikan nilai- nilai akhlak pada mata pelajaran Biologi, demi tercapainya misi sekolah yaitu “Menciptakan generasi muda Islam masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, fisabilillah, kreatif, inovatif dengan landasan akhlak Islam yang tinggi”. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: a) proses internalisasi nilai- nilai akhlak pada mata pelajaran Biologi menggunakan metode; pemberian informasi, keteladanan, pemberian nasehatnasehat dan pembiasaan untuk melakukan akhlakul karimah b) nilai- nilai akhlak yang diinternalisasikan adalah akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap manusia, dan akhlak terhadap alam, c) faktor- faktor pendukung internalisasi bagi siswa: tenaga pendidik yang kompeten, rasa keingintahuan dan semangat belajar yang tinggi, sarana prasarana dan fasilitas penunjang KBM yang memadai. Faktor pendukung bagi guru: media pembelajaran yang memadai, manajemen kelas yang baik dan semangat belajar siswa yang tinggi. Faktor penghambat: latar belakang siswa dan perbedaan tingkat pemahaman siswa kelas reguler dengan kelas boarding, kesulitan belajar siswa karena Biologi menggunakan istilah dalam bahasa latin yang terkadang belum dipahami oleh siswa. Faktor- faktor penghambat tersebut dapat diatasi dengan diadakannya pendekatan personal kepada siswa, guru memberikan arti dari istilah latin yang digunakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, nilai- nilai akhlak dan Biologi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:47
Last Modified: 20 Oct 2021 00:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29061

Actions (login required)

View Item View Item