Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas SDM (Studi Kasus Di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2012/2013)

, Haryono and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag. (2014) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas SDM (Studi Kasus Di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasi.pdf

Download (672kB)

Abstract

SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat termasuk salah satu sekolah dasar swasta milik Muhammadiyah dengan akreditasi A. Kualitas SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat sudah tidak diragukan. SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat seringkali mampu meraih prestasi. Adapun, prestasi yang terbaru adalah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat menjadi sekolah terbaik jenjang sekolah dasar di Kabupaten Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM sehingga sekolah tersebut menjadi SD yang unggul di Surakarta. Jenis penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode berfikir induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat bercorak demokratis yang berwatak karismatik. Kepala sekolah dipandang sebagai patron intelektual dan moral, tetapi juga senantiasa terbuka menerima kritik dan saran untuk tujuan kebaikan kolektif sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa kepala sekolah memiliki keunikan kerja dan karakter sebagai berikut: (1) Kepala sekolah memiliki semangat kerja dan motivasi yang tinggi untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian SDM dengan bekerja keras, cerdas dan ikhlas; (2) Kepala sekolah selalu mengupayakan agar tenaga pendidik (guru), karyawan dan peserta didik dapat merasakan kesejahteraan maksimal terhadap layanan pendidikan di sekolah; Selanjutnya, (3) Kepala sekolah selalu berupaya mewujudkan visi dan misi sekolah, membiasakan penyelenggaraan pendidikan yang humanis religius dan memberikan kesadaran dalam berperilaku sebagai makhluk pedagogik; (4) Kepala sekolah senantiasa memberikan kesadaran bahwa pendidikan dasar Muhammadiyah sebagai basis kaderisasi. Karena itu, SDM ditekankan untuk berpartisipasi aktif dalam Muhammadiyah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, SDM, Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 13:39
Last Modified: 20 Oct 2021 01:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item