Ratih, Arini Rena and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Studi Penerapan Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an Di Mi Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (25MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bba II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan warisan termahal yang diberikan oleh orang tua kepada anak. Pendidikan yang baik akan mengawal anak sepanjang hidupnya dalam meniti jalan kebenaran. Di antara pendidikan yang diberikan kepada anak, pendidikan yang paling mulia yang dapat diberikan orang tua adalah pendidikan al-Qur’an, Karena al-Qur’an merupakan lambang agama Islam yang paling asasi dan hakiki. al-Qur’an diturunkan dengan perantara bahasa Arab, sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bahasa Arab adalah satu-satunya washilah untuk memahami al-Qur’an dan sunnah. Terdapat berbagai metode yang ditawarkan dalam memahami bahasa Arab. Metode Tamyiz adalah salah satu metode praktis dan mudah dalam memahami bahasa Arab dengan tujuan khusus yaitu menterjemahkan al-Qur’an. Berpijak pada masalah di atas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Studi Penerapan Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah al-Qur’an di MI Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta”. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Tamyiz dalam pembelajaran terjemah al-Qur’an? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Tamyiz di MI Al-Islam Grobagan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Tamyiz dalam proses pembelajaran terjemah al-Qur’an di MI Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran terjemah al-Qur’an di MI Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat, fakta dan karakteristik metode Tamyiz dalam penerapan pembelajaran terjemah al-Qur’an di MI Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa studi penerapan metode Tamyiz dalam pembelajaran terjemah al-Qur’an di MI Al-Islam Grobagan telah berjalan secara baik dan efektif, para tentor telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan yang terbaik. Adapun faktor pendukung yaitu adanya SDM yang mumpuni dalam mengajarkan metode Tamyiz, adanya lembaga mitra kerjasama, ditemukannya metode Tamyiz yang fun dan mudah dipelajari maupun diterapkan, dan waktu belajar yang relatif singkat. Sedangkan kendalanya yaitu keterbatasan jumlah SDM yang dimiliki tim Tamyiz menjadikan rasio kelas yang tidak seimbang, berimbas pada kurang efektifnya pembelajaran, selanjutnya terbatasnya waktu pelaksanaan Tamyiz karena berbenturan dengan jadwal persiapan ujian Nasional kelas VI
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terjemah Al-Qur’an, Metode Tamyiz, MI Al-Islam Grobagan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 13:17 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29048 |
Actions (login required)
View Item |