Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Bisnis Periklanan AdsenseCamp

Bakhtiar, Bakhtiar and -, Drs. Harun, M.H. and -, Drs. Syarafudin HZ, M.Ag. (2014) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Bisnis Periklanan AdsenseCamp. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (314kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (792kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya populasi manusia, internet tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dan pertukaran informasi semata, namun juga sebagai sumber untuk mendapatkan penghasilan. Kemajuan teknologi informasi rupanya telah memberikan ruang kreatifitas baru bagi perkembangan bisnis dalam rangka menghasilkan keuntungan. Beragam model bisnis online mulai dikembangkan mulai dari bisnis yang memerlukan modal (uang) besar hingga bisnis tanpa modal. Salah satu model bisnis tanpa modal adalah bisnis periklanan AdsenseCamp. AdenseCamp adalah website yang memberikan kesempatan bagi pemilik website (publisher) untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menyediakan ruang pada websitenya sebagai tempat pemasangan iklan bagi advertiser (pemilik iklan). AdsenseCamp juga memberikan kesempatan kepada para Advertiser yang berkeinginan mempromosikan iklannya yang akan disebarkan kepada web owners yang telah terdaftar di AdsenseCamp. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap sistem bisnis AdsenseCamp dan bertujuan untuk: a.mengetahui kedudukan dan status akad dalam sistem bisnis AdsenseCamp dalam pandangan hukum Islam. b.mengetahui kepastian hukum tentang aplikasi, cara kerja, pembayaran AdsenseCamp yang saat ini banyak diikuti oleh masyarakat muslim. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan normatif. Penulis berusaha menganalisa sistem bisnis periklanan AdsenseCamp dengan metode analisis deskriptif yaitu pemaparan yang diawali dengan menggambarkan konsep sistem bisnis AdsenseCamp meliputi cara-caranya, mekanisme kerja dan pembayarannya, kemudian dianalisis berdasarkan hukum Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status akad kerjasama antara AdsenseCamp dan publisher adalah sah dan termasuk akad yang masyrū‛ sebab telah memenuhi rukun dan syaratnya. Disamping itu, dalam aplikasi, cara kerja maupun pembayaran AdsenseCamp tidak terdapat ketentuan yang merugikan pihak-pihak yang bertransaksi, melainkan justru melindungi hak-hak mereka sehingga bisnis periklanan AdsenseCamp secara umum diperbolehkan dalam Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Sistem Bisnis, Periklanan, AdsenseCamp
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA12 Hukum Ekonomi Islam
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:53
Last Modified: 30 Nov 2022 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item