Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelmpok B TK Kemala Bayangkari 70 Masaran Sragen Tahun 2013/2014

Salimah, Salimah and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelmpok B TK Kemala Bayangkari 70 Masaran Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (545kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi anak melalui media audio visual pada anak didik Taman Kanak-kanak Kemala Bayangkari 70 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch ) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh anak yang berada di Taman Kanak- Kanak Kemala Bhayangkari 70 Masaran Kecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisi jalinan dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus, peneliti juga menerapkan dekriptif komparatif untuk membandingkan hasil pembelajaran pra siklus, siklus I dan siklus II Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak, hal tersebut diperoleh dari data adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan pengembangan kemampuan berkomunikasi anak pada pra siklus 12,5 %, pada siklus I sebesar 50 %, dan pada siklus II sebesar 100 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak TK Kemala Bhayangkari 70 Masaran Sragen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 07:58
Last Modified: 20 Oct 2021 01:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29019

Actions (login required)

View Item View Item