Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Strategi Bermain Stick Angka Pada Anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Tahun Ajaran 2013/2014

Kurniawati, Etik and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Strategi Bermain Stick Angka Pada Anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok B TK Mojorejo 2 Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian ditetapkan pada guru kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dan siswa Kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dengan jumlah 28 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif Komparatif, teknik deskriptif interaktif dengan deskripsi hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan adalah melalui strategi bermain stick angka, pada pada pra siklus dari 28 anak, hanya terdapat 35,71% anak yang mencapai indikator ketuntasan, kemudian setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus 1 dari 28 anak yang mencapai indikator ketuntasan pada penelitian ini yaitu minimal berkembang sesuai harapan ada 75%. pada siklus 2 dari 28 anak jumlah anak yang mencapai indikator ketuntasan pada penelitian ini yaitu minimal berkembang sesuai harapan ada 85,71%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berhitung Permulaan, Stick Angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 07:11
Last Modified: 20 Oct 2021 01:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29017

Actions (login required)

View Item View Item