Analisis Prioritas Penataan Ruang Terbuka Hijau Daerah Permukiman Melalui Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Kotagede

Romadhoni, Muhammad Ali Majidhi (2013) Analisis Prioritas Penataan Ruang Terbuka Hijau Daerah Permukiman Melalui Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Kotagede. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan_E100120100.pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._Bab_I_E100120100.pdf

Download (368kB)
[img] PDF (Bab II)
5._Bab_II_E100120100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (Bab III)
6._Bab_III_E100120100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
7._Bab_IV_E100120100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka_E100120100.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Publikasi_Ilmiah_E100120100.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat kenyamanan daerah permukiman di Kecamatan Kotagede berdasarkan parameter-paramater yang digunakan yaitu kerapatan vegetasi daerah permukiman, kepadatan permukiman, jarak terhadap kawasan industri, kawasan perdagangan, dan jaringan jalan utama, (2) Mengetahui level prioritas penataan ruang terbuka hijau daerah permukiman dan (3) Mengetahui distribusi daerah-daerah prioritas penataan ruang terbuka hijau permukiman berdasarkan tingkat kenyamanan daerah permukiman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah interpretasi citra Quickbird perekaman tahun 2012 untuk menyadap data kepadatan permukiman, kerapatan liputan vegetasi, kawasan industri, kawasan perdagangan dan jaringan jalan utama yang dipakai untuk mengetahui tingkat kenyamanan berdasarkan interpretasi citra satelit. Penggunaan peta pulau bahang Kota Yogyakarta dilakukan untuk mengetahui tingkat kenyamanan berdasarkan distribusi suhu dan kelembaban relatif. Metode yang digunakan dalam penentuan titik sampel adalah purposive sampling. Sampel yang diambil dilapangan mewakili hasil peta kenyamanan daerah permukiman Kecamatan Kotagede. Analisis tingkat kenyamanan berdasarkan interpretasi citra dan peta pulau bahang kemudian menjadi acuan pembuatan matriks rekomendasi prioritas penataan ruang terbuka hijau daerah permukiman. Penggunaan lahan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan permukiman, yang diwujudkan dalam area terbangun seperti permukiman, lahan termanfaatkan untuk perdagangan dan industri, jalan dan lahan non-terbangun berupa vegetasi. Tingkat ketelitian interpretasi penggunaan lahan adalah 87,5%. Analisis peta tingkat kenyamanan berdasarkan interpretasi citra quickbird dan peta pulau bahang diketahui bahwa daerah permukiman di daerah penelitian terdapat kelas kenyamanan yaitu nyaman, tidak nyaman dan sangat tidak nyaman. Hasil analisis menggunakan matriks rekomendasi penataan ruang terbuka hijau daerah permukiman diketahui bahwa daerah permukiman di daerah penelitian sangat dominan berada pada prioritas I seluas 1.940.928,353 m2 sangat memerlukan penataan ruang terbuka hijau, prioritas II seluas 597.684,0768 m2 perlu ditata lebih baik lagi dan seluas 444.884,0288 m2 tidak diprioritaskan lagi penataan ruang terbuka hijaunya. Sebaran daerah dengan penataan ruang terbuka hijau prioritas I di kelurahan Rejowinangun, Prenggan dan Purbayan, prioritas II di kelurahan Prenggan dan Purbayan serta tidak diprioritaskan dominan di kelurahan Purbayan. Hasil analisis peta prioritas penataan ruang terbuka hijau menunjukkan prioritas I didominasi oleh permukiman yang padat, kerapatan liputan vegetasi yang kurang. Prioritas II didominasi oleh penggunaan lahan kawasan perdagangan dan jasa, sedangkan yang tidak lagi diprioritaskan didominasi lahan kosong bervegetasi dan pemakaman yang sudah tidak membutuhkan vegetasi lagi, karena sudah menjadi ruang terbuka hijau.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Quickbird, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Permukiman
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 16 May 2014 12:31
Last Modified: 16 May 2014 12:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item