Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Akhlak Mulia Anak Melalui Kegiatan Bercerita Menggunakan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Di TK Mta Jirapan Tahun 2013/2014

Marsiti, Marsiti and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Akhlak Mulia Anak Melalui Kegiatan Bercerita Menggunakan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Di TK Mta Jirapan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (826kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami akhlak mulia anak melalui kegiatan bercerita menggunakan media papan flanel di TK MTA Jirapan,Masaran, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subyek penelitian adalah anak kelompok B. sebagai penerima tindakan, peneliti yang bertindak sebagai guru , sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dan kegiatan pembelajaran guru, wawancara untuk mendiskusikan perencanaan yang akan dilakukan, dan catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam proses pembelajaran. Analisis data melalui data interaktif yang digunakan untuk menganalisis data kegiatan bercerita dengan media papan flanel dan data komparatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan memahami akhlak mulia anak, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memahami akhlak mulia anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bercerita menggunakan media papan flanel. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kemampuan memahami akhlak mulia anak, yakni sebelum tindakan (pra siklus) dengan prosentase 42%, peningkatan siklus I dengan prosentase 64 %, peningkatan pada siklus II dengan prosentase menjadi 72%. Peningkatan pada siklus III dengan prosentase 87%. Dengan demikian kesimpulan peneliti bahwa dengan kegiatan bercerita dengan menggunakan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan memahami akhlak mulia anak di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak Mulia, Bercerita, Papan Flanel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 May 2014 11:06
Last Modified: 19 Oct 2021 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29007

Actions (login required)

View Item View Item