Analisis Tingkat Kemacetan Lalu-Lintas dengan Memanfaatkan Citra Satelit Ikonos dan Sistem Informasi Geografis di Ruas Jalan Ahmad Yani, Jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Oerip Sumoharjo Kota Surakarta

Pratama, Hendy Setya and , Dr. Ir. Imam Hardjono, M.Si and , Agus Anggoro Sigit, S. Si, M. Sc (2014) Analisis Tingkat Kemacetan Lalu-Lintas dengan Memanfaatkan Citra Satelit Ikonos dan Sistem Informasi Geografis di Ruas Jalan Ahmad Yani, Jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Oerip Sumoharjo Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bba IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan untuk mengetahui kondisi tingkat pelayanan jalan Ahmad Yani, jalan Slamet Riyadi, dan jalan Oerip Sumoharjo serta menganalisis tingkat kemacetan yang terjadi pada ketiga ruas jalan tersebut berdasarkan hasil dari kondisi tingkat pelayanan yang ada pada jalan Ahmad Yani, jalan Slamet Riyadi, dan jalan Oerip Sumoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sedangkan metode survei yang digunakan adalah metode sampling dimana sampel yang diambil pada saat survei meliputi volume kendaraan, penggunaan lahan, pengukuran luas jalan efektif. Sedangkan persamaan yang digunakan dalam penentuan nilai tingkat pelayanan ruas jalan menggunakan persamaan tingkat pelayanan ruas jalan yang mengacu kepada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Perhitungan dan pengamatan tingkat pelayanan ruas jalan dilakukan pada tiga kali dalam satu hari yaitu pada jam sibuk aktifitas manusia pada jam puncak pagi pukul 07.00 – 09.00, jam puncak siang hari pukul 12.00 – 14.00, dan jam puncak sore hari pada pukul 16.00 – 18.00. Hasil penelitian menunjukan tingkat kemacetan yang terjadi berdasarkan dari hasil pengamatan tingkat pelayanan ruas jalan yang terjadi pada pagi, siang dan sore hari. Tingkat kemacetan jalan yang terjadi pada ruas jalan Ahmad Yani, jalan Slamet Riyadi, dan jalan Oerip Sumoharjo memiliki tiga kelas tingkat kemacetan. Tingkat kemacetan jalan dengan intensitas rendah terjadi pada ruas jalan Ahmad Yani ruas B, ruas jalan dengan intensitas sedang terdapat pada ruas jalan Ahmad Yani ruas A, B dan jalan Slamet Riyadi, sedangkan ruas jalan dengan intensitas kemacetan tinggi berada pada ruas jalan Oerip Sumoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pelayanan ruas jalan, tingkat kemacetan, MKJI 1997
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 08:12
Last Modified: 18 Oct 2021 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29004

Actions (login required)

View Item View Item