Perencanaan Dermaga Dan Pemecah Gelombang Pelabuhan Perikanan Paranggupito Wonogiri (Design Of Dock And Breakwater At Wonogiri Paranggupito Fishery Port)

Amhudo, Rasyiid Lathiif and , Ir. Suhendro Trinugroho MT. and , Ir. H. Isnugroho CES. (2014) Perencanaan Dermaga Dan Pemecah Gelombang Pelabuhan Perikanan Paranggupito Wonogiri (Design Of Dock And Breakwater At Wonogiri Paranggupito Fishery Port). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab VII)
BAB_VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab VIII)
BAB_VIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki jumlah pulau 17.480. Potensi lestari Sumber Daya Ikan (SDI) laut indonesia sekitar 6,4 juta ton/tahun, atau 7,5 % dari total potensi lestari ikan laut dunia, dan saat ini tingkat pemanfaatan ikan Indonesia baru mencapai 4,4 juta ton/tahun. Banyaknya potensi lestari ikan yang ada di Indonesia yang belum dimanfaatkan dan penangkapan ikan yang belum terfasilitasi, maka perlu adanya Pelabuhan, khususnya Pelabuhan Perikanan. Wonogiri merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia yang memiliki pantai dan belum memanfaatkan potensi ikan yang ada. Pada Tugas Akhir ini penulis ingin merencanakan Pelabuhan Perikanan untuk daerah Wonogiri tepatnya di Pantai Waru desa Gunturharjo kecamatan Paranggupito. Pelabuhan Perikanan yang direncanakan dalam Tugas Akhir ini meliputi Perencanaan Pemecah Gelombang, Kolam Pelabuhan, Perencanaan Dermaga, Perencanaan Fender dan Bolder. Analisis data angin menggunakan mawar angin dan untuk gelombang menggunakan fetch yang dibandingkan dengan hasil skunder oleh JICA. Pemecah gelombang yang digunakan adalah pemecah gelombang sisi miring sedangkan dermaga yang digunakan adalah dermaga dengan konstruksi tertutup menggunkan turap baja profil larssen L755. Dari analisis data didapatkan angin yang dominan dari arah Selatan dan Barat Daya dengan kecepatan angin terbesar = 11,96 km/jam, tinggi gelombang pada periode 25 tahun = 2,8 m, HHWL = 2,58 m, DWL = 3,39 m dan jumlah kapal 32 buah. Perencanaan pemecah gelombang sisi miring dengan berat tetrapod = 1,5 – 2,3 ton, batu pecah 7 – 230 kg. Pemecah gelombang direncanakan dari arah barat dan membentang arah timur dengan panjang 430 m. Luas kolam pelabuhan seluruhnya = 2,5 Ha dan panjang dermaga pendaratan = 57 m, dermaga pemberangkatan 57 m serta dermaga tambat = 190 m. Fender karet dengan tipe A KAF 200 H dipasang dengan jarak antar fender 2 m serta Bolder beton bertulang dengan tinggi 35 cm dan lebar 20 cm dipasang dengan jarak antar bolder 3 m. Perencanaan ini mengacu pada Standart Design For Port in Indonesia, 1984 danPedoman Teknik XX-2002 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Ikan (SDI), Pelabuhan Perikanan, Pemecah Gelombang, Dermaga
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 May 2014 14:06
Last Modified: 20 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28973

Actions (login required)

View Item View Item