Perubahan Bentuk Throttle Valve Karburator Terhadap Kinerja Engine Untuk 4 Langkah

HANAFI, ASRI ALI (2014) Perubahan Bentuk Throttle Valve Karburator Terhadap Kinerja Engine Untuk 4 Langkah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)

Abstract

Sistem suplai bahan bakar combustion engine menggunakan karburator, pada proses percampuran bahan bakar dan udara serta pembentukan kabut dilakukan oleh karburator. Karburator merupakan satu komponen penting dalam sepeda motor, karena sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin sepeda motor. Pengujian dilakukan untuk mengetahui pengaruh perubahan bentuk karburator throttle valve bulat, karburator throttle valve kotak dan karburator throttle valve setengah bulat terhadap kinerja engine (Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik). Alat yang digunakan adalah motor bensin empat langkah Suzuki Satria FU 150. Pengujian dilakukan dengan dyno test (Sportdyno V3.3) dengan variasi putaran mesin 6000 – 9500 rpm dengan kenaikan 250 rpm pada gigi transmisi 4 dan pengaruh perubahan bentuk karburator throttle valve bulat, karburator throttle valve kotak dan karburator throttle valve setengah bulat. Data pengujian digunakan sebagai bahan perhitungan untuk mendapatkan nilai torsi (T), daya (P) dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC). Dari hasil nilai yang didapat dari perhitungan dibuat table dan grafik agar dapat lebih jelas diketahui pengaruh variasi putaran mesin. Dari penelitian ini menunjukkan nilai torsi tertinggi didapat pada karburator throttle valve kotak pada putaran mesin 8000 rpm yaitu sebesar 12.99 Nm, nilai daya tertinggi didapat pada karburator throttle valve setengah bulat pada putaran mesin 9500 rpm yaitu sebesar 12.11 kW dan nilai SFC terkecil didapat pada karburator throttle valve bulat pada putaran mesin 8750 rpm yaitu sebesar 0.088 kg/kWh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karburator throttle valve bulat, kotak dan setengah bulat
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 12:02
Last Modified: 13 May 2014 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28962

Actions (login required)

View Item View Item