Penyusunan Desain Pembelajaran Bermuatan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Inklusi Dengan ABK Tunarungu

PRIMANDA, RIZKI and , Dra. Wiwien Dinar Prastiti, M.Si. and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Penyusunan Desain Pembelajaran Bermuatan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Inklusi Dengan ABK Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (628kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dekadensi moral yang sedang dialami bangsa Indonesia membuat pendidikan karakter menjadi perlu untuk dilaksanakan. Salah satu usaha pengembangan pendidikan karakter adalah dengan memasukkan muatan pendidikan karakter pada pendidikan formal (sekolah). Proses awal pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam pembelajaran adalah melalui desain pembelajaran. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), pendidikan karakter harus menjadi fokus utama. Guru dituntut untuk bisa menyusun desain pembelajaran yang bermuatan karakter. Tantangan lain bagi guru saat ini yaitu munculnya sekolah inklusi sebagai dampak kurangnya tempat pendidikan formal bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Hal ini menyebabkan desain pembelajaran bermuatan karakter yang disusun oleh guru harus turut disesuaikan dengan keberadaan ABK. ABK tunarungu menjadi perhatian khusus dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan karena pendengaran merupakan alat manusia yang paling awal dalam proses belajar. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penyusunan desain pembelajaran mata pelajaran PAI sebagai dasar pembentukan karakter di kelas inklusi Sekolah Dasar yang memiliki peserta ABK tunarungu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan alat pengumpul data berupa wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dengan deskripsi: Guru sekolah dasar pada mata pelajaran PAI atau Guru Pendamping Khusus (GPK) di Surakarta yang mengajar di kelas inklusi dengan peserta ABK tunarungu. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif yaitu berupa paparan, uraian dan gambaran. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa proses penyusunan desain pembelajaran mata pelajaran PAI sebagai dasar pembentukan karakter di kelas inklusi Sekolah Dasar yang memiliki peserta ABK tunarungu melalui tahapan: pertama, mengetahui kondisi siswa terutama kemampuan komunikasinya; kedua, menetapkan tujuan pembelajaran dengan kandungan karakter dan dapat dicapai seluruh siswa; ketiga, menyusun materi pembelajaran yang dapat mengakomodasi seluruh siswa serta memahami kandungan pendidikan karakter yang terkandung dalam materi; keempat, memilih metode yang tepat bagi semua siswa, materi dan dapat menanamkan karakter tertentu; kelima, membuat evaluasi belajar yang dapat dikerjakan baik oleh siswa non ABK maupun siswa ABK tunarungu dan mampu melihat moral action pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: desain pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, pendidikan karakter, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:01
Last Modified: 18 Oct 2021 11:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item