PRIMANDA, RIZKI and , Dra. Wiwien Dinar Prastiti, M.Si. and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Penyusunan Desain Pembelajaran Bermuatan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Inklusi Dengan ABK Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (628kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (590kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dekadensi moral yang sedang dialami bangsa Indonesia membuat pendidikan karakter menjadi perlu untuk dilaksanakan. Salah satu usaha pengembangan pendidikan karakter adalah dengan memasukkan muatan pendidikan karakter pada pendidikan formal (sekolah). Proses awal pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam pembelajaran adalah melalui desain pembelajaran. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), pendidikan karakter harus menjadi fokus utama. Guru dituntut untuk bisa menyusun desain pembelajaran yang bermuatan karakter. Tantangan lain bagi guru saat ini yaitu munculnya sekolah inklusi sebagai dampak kurangnya tempat pendidikan formal bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Hal ini menyebabkan desain pembelajaran bermuatan karakter yang disusun oleh guru harus turut disesuaikan dengan keberadaan ABK. ABK tunarungu menjadi perhatian khusus dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan karena pendengaran merupakan alat manusia yang paling awal dalam proses belajar. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penyusunan desain pembelajaran mata pelajaran PAI sebagai dasar pembentukan karakter di kelas inklusi Sekolah Dasar yang memiliki peserta ABK tunarungu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan alat pengumpul data berupa wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dengan deskripsi: Guru sekolah dasar pada mata pelajaran PAI atau Guru Pendamping Khusus (GPK) di Surakarta yang mengajar di kelas inklusi dengan peserta ABK tunarungu. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif yaitu berupa paparan, uraian dan gambaran. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa proses penyusunan desain pembelajaran mata pelajaran PAI sebagai dasar pembentukan karakter di kelas inklusi Sekolah Dasar yang memiliki peserta ABK tunarungu melalui tahapan: pertama, mengetahui kondisi siswa terutama kemampuan komunikasinya; kedua, menetapkan tujuan pembelajaran dengan kandungan karakter dan dapat dicapai seluruh siswa; ketiga, menyusun materi pembelajaran yang dapat mengakomodasi seluruh siswa serta memahami kandungan pendidikan karakter yang terkandung dalam materi; keempat, memilih metode yang tepat bagi semua siswa, materi dan dapat menanamkan karakter tertentu; kelima, membuat evaluasi belajar yang dapat dikerjakan baik oleh siswa non ABK maupun siswa ABK tunarungu dan mampu melihat moral action pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | desain pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, pendidikan karakter, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2014 12:01 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 11:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28942 |
Actions (login required)
View Item |