Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B Di TK Teladan PPI Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Marmi, Sri and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B Di TK Teladan PPI Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab Iv)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode menggambar bebas, pada siswa kelompok B di TK Teladan PPI Sragen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok B TK Teladan PPI Sragen yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kreativitas anak melalui metode menggambar bebas, dapat ditingkatkan, ini dapat terlihat dari hasil kreativitas anak pada pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan, anak yang mampu berkreativitas hanya 20%, pada silkus I meningkat menjadi 40%, dengan persentase ketuntasan pada siklus II menjadi 80%. Dari data di atas dapat di simpulkan bahwa melalui metode menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak pada siswa kelompok B di TK Teladan PPI Sragen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas anak melalui metode menggambar bebas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 May 2014 09:38
Last Modified: 19 Oct 2021 17:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28936

Actions (login required)

View Item View Item