Marhamah, Siti and , Drs. Joko Santosa, M. Ag. (2014) Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok A Di TK Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._Bab_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
3._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Bab III)
4._Bab_III.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab IV)
5._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
6._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (512kB) |
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemandirian melalui bermain peran pada anak kelompok A TK Wonorejo Kalijambe Tahun Pelajaran 2013/2014. Pelaksanaan Penelitian ini dilaksanakan tiga bulan mulai bulan desember 2013 sampai bulan Februari 2014. Adapun tempat penelitiannya yaitu di TK Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Wonorejo Kalijambe yang berjumlah 15 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pada skor prasiklus 47.91% , pada siklus I meningkat 61.87%, pada siklus II lebih meningkat menjadi 76.45%, sehingga penerapan pembelajaran dengan bermain peran untuk peningkatan kemandirian dinilai berhasil. Sehingga pemilihan bermain peran sangatlah penting untuk peningkatan kemandirian anak pada anak kelompok A di TK Wonorejo Kalijambe Sragen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian anak pada anak kelompok A di TK Wonorejo Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kemandirian, Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 May 2014 08:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28925 |
Actions (login required)
View Item |