Jarwanti, Titik (2014) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melaluibermain Eksplorasi Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (14MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain eksplorasi pada anak kelompok A di TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan anak kelompok A TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten yang berjumlah 15 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, catatan lapangan dan dokumen untuk mengetahui data peningkatan anak dalam pembelajaran kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil pada setiap siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak. Pelaksanaan tindakan dilaksanaan dalam 3 siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain eksplorasi, yaitu kemampuan kognitif anak pada prasiklus sebesar (44,58%), siklus I sebesar (55,62%), siklus II sebesar (67,70%) dan pada siklus III meningkat hingga (77,70%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran bermain eksplorasi melalui model pembelajaran membedakan konsep penuh – kosong melalui mengisi gelas dengan biji – bijian dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Pertiwi Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013 / 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain ekplorasi,kemampuan kognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 May 2014 07:40 |
Last Modified: | 09 May 2014 10:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28900 |
Actions (login required)
View Item |