Sari, Sela Oktaliana and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Penanganan Anak Autisme Melalui Komunikasi Sosial Pada Paud Islam Makarima Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HalamaN Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (910kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penanganan anak autisme melalui komunikasi sosial di PAUD Islam Makarima Kartasura tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seorang anak penyandang gangguan Autisme yang bersekolah di PAUD Islam Makarima Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Siswa penderita autisme tersebut bernama Muhammad Hamka Al Karim. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa wawancara, pengamatan atau observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan mengecek kembali derajat kepercayaan data menggunakan pengamatan lain yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak penyandang autis dapat disembuhkan dengan beberapa cara salah satunya melalui komunikasi sosial. Peneliti ini menggunakan kegiatan bermain yaitu permainan di sentra balok, olah tubuh, imtaq dan percaya diri. Dari kegiatan bermain tersebut Hamka kemampuan komunikasi Hamka mulai menunjukkan peningkatan yang cukup memuaskan. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut: 1) Hasil permainan di sentra balok, yaitu Hamka sudah mampu mengenal macam-macam angka, meskipun belum maksimal, 2) Hasil permainan sentra olah tubuh, yaitu Hamka sudah dapat melompat menggunakan dua kaki, Hamka mau melakukan lempar tangkap dengan temannya, dan mampu menggiring bola dengan kakinya, 3) Hasil permainan sentra Imtaq, yaitu Hamka bia mengikuti gerakan-gerakan solat yang diajarkan guru, duduk diam mendengarkan sekaligus memerankan tokoh nabi yang diceritakan guru. Hamka juga bisa menempel gambar orang yang sedang bersujud, dan 4) Hasil permainan sentra percaya diri, yaitu Hamka mau diajak senam bersama teman-teman yang lainnya, Hamka mau dan bisa bercerita dan bernyanyi di depan kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak autisme, Komunikasi Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 May 2014 09:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28885 |
Actions (login required)
View Item |