Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Story Reading Pada Kelompok B Di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Astutik, Puji and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Story Reading Pada Kelompok B Di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode story reading pada kelompok B di Kbi-Ra Taqiyya Kartasura Tahun Ajaran 2013 / 2014. Subyek penelitian guru dan anak kelompok B dengan jumlah 15 anak terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bersifat kolaborasi antara peneliti dan guru. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 setengah bulan dilaksanakan selama II siklus yang terdiri dari 6 pertemuan, dalam I siklus dilaksanakan 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah kemampuan bahasa dan metode story reading (membaca buku cerita). Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik analisa komperatif dengan cara membandingkan kemampuan bahasa anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Hasil penelitian dari kemampuan bahasa melalui metode story reading sebelum dilakukan tindakan pencapaian prosentase sebesar 37,2%, pada Siklus I prosentasenya mencapai 70,8%, yang artinya kemampuan bahasa anak mulai berkembang, karena peneliti menargetkan pada siklus I sebesar 70%. pada siklus II prosentasenya mencapai 91,5 % .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Metode Story Reading
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2014 11:21
Last Modified: 19 Oct 2021 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28864

Actions (login required)

View Item View Item