YULIANA , PRASETYO (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JASA BENGKEL RESMI SEPEDA MOTOR YAMAHA PUSAT JAYA KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040117.pdf Download (43kB) |
|
PDF
B100040117.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan, kenyamanan bengkel, dan lokasi bengkel, mempunyai terhadap keputusan konsumen dalam pembelian jasa bengkel resmi sepeda motor pusat jaya di Karanganyar dan mengetahui variabel manakah antara kualitas pelayanan, kenyamanan bengkel, dan lokasi bengkel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian jasa bengkel resmi sepeda motor pusat jaya di Karanganyar. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan dalam merencanakan setrategi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei yaitu penelitian dengan secara cara langsung mendatangi lokasi yang akan diteliti. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa pembelian bengkel resmi sepeda motor pusat jaya di Karanganyar, sedangkan sampel penelitian adalah 40 konsumen yang menggunakan jasa pembelian bengkel resmi sepeda motor pusat jaya di Karanganyar dengan purposive sampling dan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan (X1) diperoleh nilai thitung = 3,083 > 2,028; sehingga berpengaruh signifikan terhadap pembelian jasa di bengkel resmi sepeda motor Yamaha. Kenyamanan (X2) diperoleh nilai thitung = 1,651 < 2,028; sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian jasa di bengkel resmi sepeda motor Yamaha. Lokasi (X3) diperoleh nilai thitung = 1,718 < 2,028; sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian jasa di bengkel resmi sepeda motor Yamaha. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 38,186 > 2,84; sehingga pelayanan, kenyamanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pembelian jasa di bengkel resmi sepeda motor Yamaha. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,761, berarti terjadinya keputusan pembelian jasa di bengkel resmi sepeda motor Yamaha 76,1% dapat dijelaskan oleh faktor pelayanan, kenyamanan dan lokasi, sedangkan sisanya sebesar 23,9% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Pelayanan merupakan faktor yang paling dominan terhadap pembelian jasa di bengkel resmi sepeda motor Yamaha.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, kenyamanan, lokasi, pembelian jasa |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Jun 2009 07:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 19:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2882 |
Actions (login required)
View Item |