Arintika, Shinta and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 05 Sidoharjo, Wonogiri Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD N 05 Sidoharjo dengan mengunakan strategi pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N 05 Sidoharjo yang berjumlah 19, sedangkan obyek penelitian adalah keterampilan berbicara dan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Role Playing. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis dan mendeskripsikan data kualitatif berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan tahapan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi dan trianggulasi data. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan tindakan (planning) , pelaksanaan tindakan (action), pengamatan tindakan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada kondisi awal prosentase ketuntasan adalah sebesar 57,90% yang dicapai 11 siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,68% yang dicapai 14 siswa dan siklus II sebesar 94,74% yang dicapai 19 siswa. Untuk prosentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78,94% yang dicapai 14 siswa menjadi 89,47% yang dicapai 17 siswa pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD N 05 Sidoharjo Wonogiri tahun ajaran 2013-2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, Role Playing, bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2014 12:56 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 06:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28812 |
Actions (login required)
View Item |