Widyastuti, Agnes Putri and , Sulastri, S.Kp., M.Kes and , Kartinah, A.Kep., S.Kep (2014) Hubungan Kadar Hemoglobin Siswa Dengan Prestasi Belajar Di Sekolah Dasar Negeri I Bentangan Wonosari Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (297kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (338kB) |
Abstract
Rendahnya kadar hemglobin pada manusia merupakan masalah kesehatan dunia saat ini yang dapat berdampak pada kualitas hidup. Kejadian anemia pada siswa sekolah dasar dapat mempengaruhi prestasi belajar. Siswa yang mengalami anemia akan mengalami penurunan konsentrasi belajar sehingga mempengaruhi nilai pelajaran sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap 5 orang siswa menunjukkan bahwa prestasi belajar dibawah dari rata-rata. Siswa bersangkutan mengaku sering tidak dapat konsentrasi belajar, sering mengantuk. Hasil pemeriksaan kadar hemoglobin diketahui sebesar 11,2 g/dl. Sementara kadar hemoglobin normal sebesar 11,5 g/dl.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan kadar hemoglobin siswa dengan prestasi belajar di Sekolah Dasar Negeri I Bentangan Wonosari Kebupaten Klaten. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian adalah diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 70 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan teknik pengambilan sampel proporsional sampling. Alat ukur penelitian ini adalah dalam pengukuran kadar hemoglobin menggunakan alat hemoglobinometer digital, sedangkan prestasi belajar diperoleh dari buku raport kelas pada akhir semester. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian diketahui 41 siswa (58,6%) tidak anemia dan 29 siswa (41,4%) mengalami anemia. Sebanyak 42 siswa (60%) dengan prestasi belajar baik dan 28 siswa (40%) dengan prestasi belajar kurang. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai 2= 7.153 p = 0,007. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan antara kadar hemoglobin dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Bentangan Wonosari Kabupaten Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kadar hemoglobin, prestasi belajar, siswa |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2014 06:28 |
Last Modified: | 27 May 2016 11:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28790 |
Actions (login required)
View Item |