IRWANTO , SINGGIH (2009) PENGARUH TARIF DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PO. MAHARANI DI AMPEL BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040110.pdf Download (41kB) |
|
PDF
B100040110.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tarif dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PO. MAHARANI di Ampel, Boyolali. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam penentuan langkah-langkah yang diambil dimasa yang akan datang dan untuk bahan pemikiran dalam mengambil kebijaksanaan mengenai pengaruh tarif dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang yang menggunakan jasa transportasi PO. MAHARANI jurusan Ampel-Salatiga, sedangkan sampel penelitian adalah 100 penumpang yang menggunakan jasa trasportasi PO. Maharani dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tarif (X1) diperoleh nilai thitung = 3,020 > 1,985; sehingga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PO. Maharani. Pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung = 4,803 > 1,985; sehingga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PO. Maharani. Hasil perhitungan F statistik diperoleh Fhitung = 46,832 > 3,07; sehingga artinya tarif dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PO. Maharani, dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,491 berarti bahwa tarif dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PO. Maharani sebesar 49,1%, sedangkan sisanya sebesar 50,9% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Pelayanan merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PO. Maharani.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tarif, pelayanan, kepuasan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Jun 2009 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 19:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2879 |
Actions (login required)
View Item |