Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Dewi, Ritna Rahmawati and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.COVER.pdf

Download (826kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (595kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus mempunyai empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan kemudian refleksi dan masing – masing siklusnya ada dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan model pembelajaran kontekstual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis deskripsi siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa dari nilai rata-rata 66,19 menjadi 71,34 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 53,12% menjadi 71,88%. Sedangkan di siklus II terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dari rata-rata siklus I yaitu 71,34 menjadi 78,56 dan dari pencapaian KKM 71,88% menjadi 90,62%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa kemampuan menulis deskripsi dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis Deskripsi, Model Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Apr 2014 14:10
Last Modified: 19 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28777

Actions (login required)

View Item View Item