Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Model Full Day School Di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

AMALIANA, UMY ANNISA and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Model Full Day School Di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Judul.pdf

Download (970kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kegiatan keagamaan dan cara pelaksanaannya pada model full day school, perbedaan kegiatan keagamaan di kelas rendah dan tinggi serta dampaknya bagi siswa SDIT Nur Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipasif dan kajian dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa penerapan PAI di SDIT Nur Hidayah melalui kegiatan keagamaan, yaitu: 30 menit pertama (doa, tilawah, one day one ayat, hafalan hadis dan doa, mutaba’ah, tausiyah pagi) salat dhuha + Al-Ma’tsurat, pendampingan makan siang, salat zuhur dan asar beserta rawatibnya, doa dan zikir berjamaah, tausiyah siang, operasi bersih, tausiyah sebelum pulang, doa, serta penanaman akhlak dan adab yang baik. Penerapan kegiatan keagamaan di kelas rendah dan tinggi berbeda, perbedaanya ialah: tempat pelaksanaan salat, salat zuhur, asar serta rawatibnya diwajibkan bagi kelas atas, kelas rendah salat zuhur saja dengan suara dikeraskan, sementara bagi kelas atas hanya ketika zikir dan doa saja, kewajiban salat dhuha dan al- ma’tsurat, puasa wajib dan sunah, salat lail bagi kelas atas sementara bagi kelas bawah hanya himbauan. Dampaknya adalah: siswa mempunyai adab dan akhlak yang baik, siswa hafal juz 30, siswa hafal doa dan hadis sehari-hari, siswa mempunyai ilmu agama dan pengalaman kegiatan ibadah lebih banyak dibanding anak lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, PAI, model, full day school
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 12:29
Last Modified: 19 Oct 2021 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item