Hastuti, Ayuni and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Studi Komparasi Antara Strategi Index Card Match Dengan Strategi Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Di SD Desa Sindon Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
0.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (610kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1.BAB_I.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Bab II)
2.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF (Bab III)
3.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
PDF (Bab V)
5.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
6.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Lampiran)
7.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
9.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (503kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS antara penerapan strategi Index Card Match dengan strategi Think Pair Share pada siswa kelas IV di SD desa Sindon tahun 2013/2014; 2) strategi yang lebih baik antara strategi Index Card Match dengan strategi Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD desa Sindon tahun 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD desa Sindon, berjumlah 39 siswa yang terdiri dari kelas IV SD Negeri 01 Sindon dan kelas IV SD Negeri 02 Sindon. Strategi Index Card Match akan diterapkan pada kelas IV SD Negeri 01 Sindon dan kelas IV SD Negeri 02 Sindon menggunakan strategi Think Pair Share. Variabel bebas pada penelitian ini adalah strategi Index Card Match dan strategi Think Pair Share, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Hasil belajar IPS pada pembelajaran yang menggunakan strategi Index Card Match (80,32) lebih tinggi dari pada hasil belajar menggunakan strategi Think Pair Share (72,22) atau terdapat selisih (8,1). Artinya pembelajaran dengan strategi Index Card Match lebih baik daripada strategi Think Pair Share. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Dari hasil uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (2,137 > 2,030) diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara penerapan strategi Index Card Match dan strategi Think Pair Share pada siswa kelas IV di SD desa Sindon tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Index Card Match dan Think Pair Share, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 23 Apr 2014 11:53 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 03:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28771 |
Actions (login required)
View Item |