Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi I Jetak Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Ekowati, Sri and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi I Jetak Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu kata. Dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi I Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepalas sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali petemuan dengan anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan membaca permulaan anak yakni sebelum tindakan 40,65%, siklus I mencapai 62% dan siklus II mencapai 90% dan melalui permainan kartu kata yakni sebelum tindakan 42%, siklus I mencapai 64% dan siklus II mencapai 93%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Dapat Dilakukan Melalui Permainan Kartu Kata

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Permainan Kartu Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2014 13:53
Last Modified: 19 Oct 2021 16:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28770

Actions (login required)

View Item View Item