WULANDARI, WIDYA ADITYA and , Dr. Samino, M.M. (2014) Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di Sd Negeri Kleco 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (200kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (643kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi guru dalam pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 di SD Negeri Kleco 1 Surakarta (2) Mendeskripsikan persepsi guru dalam persiapan pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 di SD Negeri Kleco 1 Surakarta (3) Mendeskripsikan persepsi guru dalam implementasi pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 di SD Negeri Kleco 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam (2) Observasi (3) dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengkaitkan mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lain dalam satu tema. Pembelajaran tematik integratif ini juga memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, karena proses pembelajarannya dikaitkan dengan lingkungan pengalaman peserta didik dalam situasi yang nyata. Sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. (2) Persiapan pembelajaran tematik integratif dilakukan oleh guru dengan cara: mengikuti pelatihan guru, mempelajari buku pegangan guru dan siswa, mempelajari KI dan KD, mempelajari dan mengembangkan RPP (3) Implementasi pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan scientific, pembelajarannya terdiri dari tiga tahapan (kegiatan awal, kegiatan inti, penutup), serta interaksi antara guru dengan siswa, interaksi siswa dengan siswa, maupun interaksi dengan orang tua berjalan cukup baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi; guru; pembelajaran; tematik; integratif; kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 12:02 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28759 |
Actions (login required)
View Item |