Kusumawati, Ika Nur Fitriana and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Analisis Kesalahan Soal-Soal Lembar Kerja Siswa Matematika SMA Kelas XI IPS Semester Gasal Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (661kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (625kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis kesalahan soal pada LKS Matematika kelas XI IPS. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis, (1) kesalahan bahasa yang terdapat pada soal, (2) kesalahan penulisan yang terdapat pada soal, (3) kesalahan matematis yang terdapat pada soal dan (4) kebermaknaan distraktor yang terdapat pada soal. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini yaitu soal yang sudah dipilah berdasarkan kompetensi dasar dan silabus dari 3 LKS yang berbeda dan diujikan kepada siswa-siswi kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi pada soal menggunakan deskriptif kualitatif dengan menentukan LKS dari tiga penerbit yang berbeda kemudian diujicobakan kepada siswa dan hasil pekerjaan siswa sebagai bahan analisis. Metode menganalisis data dengan langkah-langkah yaitu (1) reduksi data, (2) penyusunan data, (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini dengan menguji validitas item. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis kesalahan soal LKS yaitu : (1) masih terdapat kesalahan bahasa pada bab statistika, (2) masih terdapat kesalahan penulisan baik pada bab statistika maupun peluang, (3) terdapat kesalahan matematis, dengan prosentase tertinggi pada kesalahan konsep, (4) masih terdapat kebermaknaan distraktor yang beragam antara baik dan kurang baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS (lembar kerja siswa), kesalahan, analisis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 08:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28724 |
Actions (login required)
View Item |