Intani, Amidha Dwi and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran React (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pati Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (466kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (782kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pati yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dengan model alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh : 1) peningkatan komunikasi dalam pembelajaran matematika yang dilihat dari meningkatnya indikator yang meliputi, antara lain : a) kemampuan pengungkapan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 20%, putaran I meningkat 33,34%, putaran II meningkat sebesar 60%, b) kemampuan dalam pengerjaan soal latihan sebelum tindakan sebesar 25%, putaran I meningkat sebesar 40%, putaran II meningkat sebesar 76,67%, c) kemampuan penarikan kesimpulan pembelajaran sebelum tindakan 20%, putaran I meningkat sebesar 30%, putaran II meningkat sebesar 63,34%. 2) peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilihat dari hasil tes tertulis yang memenuhi 75, sebelum tindakan sebesar 33,25%, putaran I meningkat sebesar 43,34%, putaran II meningkat 66,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran REACT dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, hasil belajar, REACT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 07:39 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 02:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28720 |
Actions (login required)
View Item |