Sabatina, Dea and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh aktivitas belajarterhadap prestasi belajar, (2) pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar, (3) efek interaksi antara aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 270 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas VIII C dan 26 siswa sebagai kelas VIII E. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang maupun rendah, dengan hasil perhitungan Fhitung = 3,355 > Ftabel = 3,171,(2) tidak ada perbedaan prestasi belajarantara siswa dengan kemampuan komunikasi tinggi, sedang maupun rendah, dengan hasil perhitungan Fhitung = 2,236 < Ftabel = 3,171, (3) ada efek interaksi antara aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar, dengan hasil perhitungan Fhitung = 7,172 > Ftabel = 2,546,. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar, sedangkan tidak ada pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar. Dan ada efek interaksi antara aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, komunikasi matematika, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2014 07:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28711 |
Actions (login required)
View Item |