Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik Matematika Melalui Strategi Think Talk Write (PTK Kelas VIIC MTs Al-Ishlah Pulokulon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)

Indrayani, Astuti and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik Matematika Melalui Strategi Think Talk Write (PTK Kelas VIIC MTs Al-Ishlah Pulokulon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (197kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dengan strategi pembelajaran Think Talk Write bagi peserta didik kelas VII C MTs Al-Ishlah Pulokulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpualan data penelitian, serta peserta didik kelas VII C yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mendefinisikan konsep sebelum tindakan sebesar 30%, sesudah tindakan menjadi 66,7%, (2) menemukan sifat-sifat dari konsep sebelum tindakan sebesar 23,33%, sesudah tindakan menjadi 76,77%, (3) memberikan contoh dan non contoh sebelum tindakan sebesar 20%, sesudah tindakan menjadi 76,7%, (4) Hasil belajar sebelum tindakan sebesar 43,33%, sesudah tindakan sebesar 83,3%, (5) Peserta didik yang mencapai nilai standar ketuntasan ≥ 60 sesudah dilakukan tindakan sebanyak 83,3 %. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik kelas VII C MTs Al-Ishlah Pulokulon

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, pemahaman konsep, hasil belajar, Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2014 07:01
Last Modified: 19 Oct 2021 13:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28709

Actions (login required)

View Item View Item