Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode College Ball (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Wonopringgo, Kab. Pekalongan)

Apriyadi, Ferry and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode College Ball (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Wonopringgo, Kab. Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
0._Halaman_Depan.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
2._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
4._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
5._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
7._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran College Ball. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Wonopringgo, Kab. Pekalongan yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 1) Kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan 22,22% dan di akhir tindakan mencapai 72,22%, 2) Kemandirian siswa dalam mengatasi masalah sebelum dilakukan tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 52,78%, 3) Siswa percaya pada diri sendiri sebelum dilakukan tindakan 8,33% dan di akhir tindakan mencapai 47,22%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Pembelajaran College Ball dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode College Ball
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2014 09:20
Last Modified: 18 Oct 2021 02:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28704

Actions (login required)

View Item View Item