Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Masruroh, Eni and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII dengan jumlah 223 siswa. Sampel diambil sebanyak 56 orang siswa berdasarkan 25% dari jumlah total dengan teknik sampling sistematis dan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah regresi linear ganda, uji keberatian regresi linier ganda (uji F) dan uji keberatian koefisien regresi ganda (uji t). Selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan garis linier . Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika berdasarkan uji t diperoleh (2) pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika berdasarkan uji t diperoleh . (3) status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika berdasarkan uji F diperoleh Fhitung=18,263 Ftabel= 3,172. Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 23,98% dan pola asuh orang tua memberikan 16,81%. Jadi total sumbangan efektif adalah 40,79%. Sedangkan sisanya 59,21% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: status sosial ekonomi, pola asuh orang tua, dan hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2014 13:06
Last Modified: 19 Oct 2021 13:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28697

Actions (login required)

View Item View Item