Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Pulosari Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Sharasaty, Richa and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono, M.Pd (2014) Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Pulosari Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan tradisional. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Pulosari, Karanganyar dan obyek penelitian ini adalah kecerdasan kinestetik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 pertemuan, setiap pertemuan berdurasi 60 menit. Tempat penelitian di kelompok B2, subyek penelitian adalah seluruh anak kelompok B2 yang berjumlah 12 anak, dengan 8 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Data tentang kecerdasan kinestetik dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik. Penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil kecerdasan kinestetik anak sebelumnya dilakukanya tindakan adalah 40,625%, seteleh dilakukannya tindakan dengan permainan tradisional pada siklus I hasil kecerdasan anak menjadi meningkat 59,375% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,986%. Secara keseluruhan dengan permainan tradisional mampu meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Pertiwi Pulosari, Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kecerdasan Kinestetik, Permainan Tradisional
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2014 12:46
Last Modified: 19 Oct 2021 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item View Item